Rabu, 10 Juni 2015

TUGAS

1. Sebutkan dan Jelaskan Alat-Alat Input Pada sistem Komputer 

=> Alat Input adalah alat-alat yang berfungsi memasukan data atau perintah kedalam komputer.Contoh dari alat input antara lain:

 1. Keyboard –> Papan Ketik yang berfungsi memasukan data baik itu char(Karakter),number(nomor)  atau symbo.
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgTOyTsdnYx6fUO3hEus3h4VeNEg7EaqvGZadTwm3KTsLQQWctIPj7pw-us9JVxZ_AR6hlbWWn3LmdX8RkNUkH7FjUaiblWuDmVgVClC45lN8Ha226f0iFD_3IW5lFibPC_lNiTBg4p2XM/s1600/Keyboard.jpg

 2.  Mouse–> Sebuah alat input yang digunakan untuk menunjukan cursor(Pointer).
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhfctmAq8e9P_r5TrcZ5VUMCM-JGbh1qzGivJ2ecfmFuWA0eq3FUd-eeFkaYUsxGeswJli7kUoLheJfrUAOfNXNC2vbQii-ZHyQHPNY3YlTtKgOFuwQnG4oHWH224OqSP8EO6Fw1PefoBtR/s1600/alat-input-mouse.jpg

 3. Scanner–> Alat input yang berfungsi untuk men duplikat/ mengcopy teks/gambar dari kertas/foto dsb.
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiHnQtL_idRrTcDQs_HRr84oeWSSHW1raSx9uHHMcd3I0Ugfn-jlcW8kCyXrIZUJMZiGsfrHZmYbd2cBtqGYnDMJondUDlahXp-LJHMqD7s6KPGHPlnC16igVQeahRTzlZw1VyL_roi/s1600/Gambar+Jenis-jenis+Scanner.jpg

 4. Joystick–> Alat input yang berfungsi memberikan masukan namun biasanya dipakai dalam game.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi42cbrgfadyJ7TOoXa_3V8wyDomZoVVKzKQs4NVaRoHRQMVaHg-TIHa1OmjzpybumbGwV0028v4ReMy5McL0ELXWeUt1fbH5_4pRXFUAOCxkCiLJp3209BnXwskYkX5tque8-HykzPRM2e/s1600/Joystick-Tuas.jpg

 5. Camera digital–> Input Gambar/image.
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg-Nox3Dculn3Fbk-7AZIxT1lecTgshSb4U5x-nMp_ASbI9duGuKlIJixnpsSOPk9cJB6IjQlriZJ-L2B5UHxgtUqW9i9NTFTHUUKuealQkVODE6P05pyYHT79SurN-rmshPS1ZbB_WUq29/s1600/Nikon-Coolpix-P530-Kamera-Digital.jpg

 6. Microphone–> Input Suara.
 http://www.patartambunan.com/wp-content/uploads/2014/07/Microphone.jpg

 7. Digitizer–>Digunakan dalam pemetaan.
 http://files.haqqy.webnode.com/200000014-e5c4fe6c55/digitizer.jpg

 8. Touch Screen–>Digunakan memberikan instruksi sama seperti mouse namun kelebihan nya di sentuh.
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgXrQROPuiIW3ooEMu-qw6b3Ew67MQzu_qHuHEP8fSWORJzFXtTcHJ1Vk-TV1k01yeFst-4ttUGyf2NM0s839nJ-hC-LFq4WX8KjP_IdiEHaZRrkuqk9R7XeqIcxNCc5gyrOcDIoIJ6yDM/s1600/inspiron-one-2305-design2.jpg

 9. Touch pad.
 https://sovira12.files.wordpress.com/2010/08/pctouchpad_38.jpg

10. Track ball.
 https://yuditposhboy.files.wordpress.com/2011/12/download.jpg

11.  Light Pen.
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhsD_Ws7yuY2Jcqgt1KKrhTRq_Q2kAJswy0N6TMvDwqvSWPgr90jLElMADWjI5Bjt8Jv48AAHlPD0DdHVo2yCBiVTdbhwBIDftpPBR6uhCU-wZrVPnjWkEY2UvKFHubZTn6tB4OA8AurLo/s1600/Light_Pen_Gift_Pen.jpg
12. Handy cam.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj4eI5tj6JlUxkSTqR6JjBQtMS0CWhg1V5S6CeJ-RRkeKmAILhO-8COeeRkAR_TxMp-SCwG3on6qlamC92b8OxoJa9HaO-ZIRNMmM49idxPqCkyIVKTOTUFasK8eyjcTRPaHIwMe-33h-Yb/s1600/lightpen.jpg 

 
2. Sebutkan dan Jelaskan Alat-Alat Output Pada sistem Komputer 

=>Alat Output adalah alat-alat yang berfungsi mengeluarkan data-data yang berbentuk informasi.Contoh dari alat Output adalah:

  1. Monitor–> Menampilkan display gambar, teks, symbol dsb
  2. Printer–> Mencetak document yang telah kita buat
  3. Speaker–> Memunculkan suara yang dapat di input lewat microphone atau mp3
  4. Proyektor–> sama seperti monitor, namun media proyektor dapat di dinding
3. Perbedaan InterPreter compiler

   Interpreter adalah perangkat lunak yang mampu mengeksekusi code program (yang ditulis oleh programmer) lalu menterjemahkannya ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin melakukan instruksi yang diminta oleh programmer tersebut. Perintah-perintah yang dibuat oleh programmer tersebut dieksekusi baris demi baris, sambil mengikuti logika yang terdapat di dalam kode tersebut. Proses ini sangat berbeda dengan compiler, dimana pada compiler, hasilnya sudah langsung berupa satu kesatuan perintah dalam bentuk bahasa mesin, dimana proses penterjemahan dilaksanakan sebelum program tersebut dieksekusi. 
 
   Sedangkan Compiler sendiri adalah program sistem yang digunakan sebagai alat bantu dalam pemrogaman.Perangkat lunak yang melakukan proses penterjemahan code (yang dibuat programmer) ke dalam bahasa mesin. Hasil dari terjemahan ini adalah bahasa mesin. Pada beberapa compiler, output berupa bahasa mesin dilaksanakan dengan proses assembler yang berbeda.
Untuk lebih jelas mengenai perbedaan antara Interpreter dengan Compiler, ada baiknya saya jelaskan lebih terperinci mengenai dua hal ini. 
 
   Perbedaan antara Compiler dengan Interpreter :
1. Jika hendak menjalankan program hasil kompilasi dapat dilakukan tanpa butuh kode sumber. Kalau interpreter butuh kode sumber.
 
2. Jika dengan kompiler, maka pembuatan kode yang bisa dijalankan mesin dilakukan dalam 2 tahap terpisah, yaitu parsing ( pembuatan kode objek ) dan linking ( penggabungan kode objek dengan library ) . Kalau interpreter tidak ada proses terpisah.
 
3. JIka compiler membutuhkan linker untuk menggabungkan kode objek dengan berbagai macam library demi menghasilkan suatu kode yang bisa dijalankan oleh mesin. Kalau interpreter tidak butuh linker untuk menggabungkan kode objek dengan berbagai macam library.
 
4. Interpreter cocok untuk membuat / menguji coba modul ( sub-routine / program-program kecil ). Maka compiler agak repot karena untuk mengubah suatu modul / kode objek kecil, maka harus dilakukan proses linking / penggabungan kembali semua objek dengan library yang diperlukan. 
 
5. Pada kompiler bisa dilakukan optimisasi / peningkatan kualitas kode yang bisa dijalankan. Ada yang dioptimasi supaya lebih cepat, ada yang supaya lebih kecil, ada yang dioptimasi untuk sistem dengan banyak processor. Kalau interpreter susah atau bahkan tidak bisa dioptimasikan.

4. Jenis-Jenis Brainware. 

Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem di dalam komputer. Diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware maupun software. Komponen brainware pada umumnya dibagi dalam bagian yang dapat menunjang adanya internal check yang memadai, yaitu :

1.  Operator Komputer bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti instruksi yang telah ditetapkan dalam runbook yang telah disusun oelh programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar operator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selama program itu berjalan.

2. Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang teknisi harus mempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dan sebagainya.  

3. Trainer adalah seorang brainware yang mempunyai pengetahiuan yang lebih banyak di banding yang lainnya, dan brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya.

4.  Konsultan adalah orang yang bertanggung jawab layaknya seorang penasehat handal dalam bidangnya.

5. Project Manager adalah orang yang bertanggung jawab sebagai pemimpin atau komando di suatu project tertentu, bisa disebut juga sebagai mandor.

6.   Programmer bertugas untuk membuat aplikasi komputer sehinnga dapat memudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya.

7. Graphic Designer yaitu orang yang berkecimpung di dunia desagn grafis dan mahir dalam hal membuat objek animasi.

8.   Spesialis Jaringan adalah seorang brainware yang sudah mahir di dunia jarinagan komputer. Bertanggung jawab atas semua hal yang berhunbungan dengan jaringan komputer.

9. Database Komputer merupakan orang yang bertanggung jawab terhadap database suatu aplikasi, organisasi dan sejenisnya.

10.  System Analis adalah brainware yang bertanggung jawab untuk mendesain, merancang dan menganalisa suatu program yang akan dibuat maupun sudah jadi. Seorang sistem analisis harus berhati-hati dalam merancang suatu aplikasi agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar