Minggu, 28 Juni 2015
Rabu, 10 Juni 2015
TUGAS
1. Sebutkan dan Jelaskan Alat-Alat Input Pada sistem Komputer
=> Alat Input adalah alat-alat yang berfungsi memasukan data atau perintah kedalam komputer.Contoh dari alat input antara lain:
1. Keyboard –> Papan Ketik yang berfungsi memasukan data baik itu char(Karakter),number(nomor) atau symbo.
2. Mouse–> Sebuah alat input yang digunakan untuk menunjukan cursor(Pointer).
3. Scanner–> Alat input yang berfungsi untuk men duplikat/ mengcopy teks/gambar dari kertas/foto dsb.
4. Joystick–> Alat input yang berfungsi memberikan masukan namun biasanya dipakai dalam game.
5. Camera digital–> Input Gambar/image.
6. Microphone–> Input Suara.
7. Digitizer–>Digunakan dalam pemetaan.
8. Touch Screen–>Digunakan memberikan instruksi sama seperti mouse namun kelebihan nya di sentuh.
9. Touch pad.
10. Track ball.
11. Light Pen.
12. Handy cam.
2. Sebutkan dan Jelaskan Alat-Alat Output Pada sistem Komputer
=>Alat Output adalah alat-alat yang berfungsi mengeluarkan data-data yang berbentuk informasi.Contoh dari alat Output adalah:
5. Pada kompiler bisa
dilakukan optimisasi / peningkatan kualitas kode yang bisa dijalankan. Ada yang
dioptimasi supaya lebih cepat, ada yang supaya lebih kecil, ada yang dioptimasi
untuk sistem dengan banyak processor. Kalau interpreter susah atau bahkan tidak
bisa dioptimasikan.
4. Jenis-Jenis Brainware.
Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem di dalam komputer. Diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware maupun software. Komponen brainware pada umumnya dibagi dalam bagian yang dapat menunjang adanya internal check yang memadai, yaitu :
1. Operator Komputer bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti instruksi yang telah ditetapkan dalam runbook yang telah disusun oelh programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar operator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selama program itu berjalan.
2. Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang teknisi harus mempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dan sebagainya.
3. Trainer adalah seorang brainware yang mempunyai pengetahiuan yang lebih banyak di banding yang lainnya, dan brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya.
4. Konsultan adalah orang yang bertanggung jawab layaknya seorang penasehat handal dalam bidangnya.
5. Project Manager adalah orang yang bertanggung jawab sebagai pemimpin atau komando di suatu project tertentu, bisa disebut juga sebagai mandor.
6. Programmer bertugas untuk membuat aplikasi komputer sehinnga dapat memudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya.
7. Graphic Designer yaitu orang yang berkecimpung di dunia desagn grafis dan mahir dalam hal membuat objek animasi.
8. Spesialis Jaringan adalah seorang brainware yang sudah mahir di dunia jarinagan komputer. Bertanggung jawab atas semua hal yang berhunbungan dengan jaringan komputer.
9. Database Komputer merupakan orang yang bertanggung jawab terhadap database suatu aplikasi, organisasi dan sejenisnya.
10. System Analis adalah brainware yang bertanggung jawab untuk mendesain, merancang dan menganalisa suatu program yang akan dibuat maupun sudah jadi. Seorang sistem analisis harus berhati-hati dalam merancang suatu aplikasi agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.
=> Alat Input adalah alat-alat yang berfungsi memasukan data atau perintah kedalam komputer.Contoh dari alat input antara lain:
1. Keyboard –> Papan Ketik yang berfungsi memasukan data baik itu char(Karakter),number(nomor) atau symbo.
2. Mouse–> Sebuah alat input yang digunakan untuk menunjukan cursor(Pointer).
3. Scanner–> Alat input yang berfungsi untuk men duplikat/ mengcopy teks/gambar dari kertas/foto dsb.
4. Joystick–> Alat input yang berfungsi memberikan masukan namun biasanya dipakai dalam game.
5. Camera digital–> Input Gambar/image.
6. Microphone–> Input Suara.
7. Digitizer–>Digunakan dalam pemetaan.
8. Touch Screen–>Digunakan memberikan instruksi sama seperti mouse namun kelebihan nya di sentuh.
9. Touch pad.
10. Track ball.
11. Light Pen.
12. Handy cam.
2. Sebutkan dan Jelaskan Alat-Alat Output Pada sistem Komputer
=>Alat Output adalah alat-alat yang berfungsi mengeluarkan data-data yang berbentuk informasi.Contoh dari alat Output adalah:
- Monitor–> Menampilkan display gambar, teks, symbol dsb
- Printer–> Mencetak document yang telah kita buat
- Speaker–> Memunculkan suara yang dapat di input lewat microphone atau mp3
- Proyektor–> sama seperti monitor, namun media proyektor dapat di dinding
Interpreter adalah perangkat lunak yang mampu mengeksekusi
code program (yang ditulis oleh programmer) lalu menterjemahkannya ke dalam
bahasa mesin, sehingga mesin melakukan instruksi yang diminta oleh programmer tersebut.
Perintah-perintah yang dibuat oleh programmer tersebut dieksekusi baris demi
baris, sambil mengikuti logika yang terdapat di dalam kode tersebut. Proses ini
sangat berbeda dengan compiler, dimana pada compiler, hasilnya sudah langsung
berupa satu kesatuan perintah dalam bentuk bahasa mesin, dimana proses
penterjemahan dilaksanakan sebelum program tersebut dieksekusi.
Sedangkan Compiler sendiri adalah program sistem yang digunakan
sebagai alat bantu dalam pemrogaman.Perangkat lunak yang melakukan proses
penterjemahan code (yang dibuat programmer) ke dalam bahasa mesin. Hasil dari
terjemahan ini adalah bahasa mesin. Pada beberapa compiler, output berupa
bahasa mesin dilaksanakan dengan proses assembler yang berbeda.
Untuk lebih jelas
mengenai perbedaan antara Interpreter dengan Compiler, ada baiknya saya
jelaskan lebih terperinci mengenai dua hal ini.
Perbedaan antara
Compiler dengan Interpreter :
1. Jika hendak
menjalankan program hasil kompilasi dapat dilakukan tanpa butuh kode sumber.
Kalau interpreter butuh kode sumber.
2. Jika dengan kompiler,
maka pembuatan kode yang bisa dijalankan mesin dilakukan dalam 2 tahap
terpisah, yaitu parsing ( pembuatan kode objek ) dan linking ( penggabungan
kode objek dengan library ) . Kalau interpreter tidak ada proses terpisah.
3. JIka compiler
membutuhkan linker untuk menggabungkan kode objek dengan berbagai macam library
demi menghasilkan suatu kode yang bisa dijalankan oleh mesin. Kalau interpreter
tidak butuh linker untuk menggabungkan kode objek dengan berbagai macam
library.
4. Interpreter cocok
untuk membuat / menguji coba modul ( sub-routine / program-program kecil ).
Maka compiler agak repot karena untuk mengubah suatu modul / kode objek kecil,
maka harus dilakukan proses linking / penggabungan kembali semua objek dengan
library yang diperlukan.
4. Jenis-Jenis Brainware.
Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem di dalam komputer. Diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware maupun software. Komponen brainware pada umumnya dibagi dalam bagian yang dapat menunjang adanya internal check yang memadai, yaitu :
1. Operator Komputer bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti instruksi yang telah ditetapkan dalam runbook yang telah disusun oelh programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar operator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selama program itu berjalan.
2. Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang teknisi harus mempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dan sebagainya.
3. Trainer adalah seorang brainware yang mempunyai pengetahiuan yang lebih banyak di banding yang lainnya, dan brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya.
4. Konsultan adalah orang yang bertanggung jawab layaknya seorang penasehat handal dalam bidangnya.
5. Project Manager adalah orang yang bertanggung jawab sebagai pemimpin atau komando di suatu project tertentu, bisa disebut juga sebagai mandor.
6. Programmer bertugas untuk membuat aplikasi komputer sehinnga dapat memudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya.
7. Graphic Designer yaitu orang yang berkecimpung di dunia desagn grafis dan mahir dalam hal membuat objek animasi.
8. Spesialis Jaringan adalah seorang brainware yang sudah mahir di dunia jarinagan komputer. Bertanggung jawab atas semua hal yang berhunbungan dengan jaringan komputer.
9. Database Komputer merupakan orang yang bertanggung jawab terhadap database suatu aplikasi, organisasi dan sejenisnya.
10. System Analis adalah brainware yang bertanggung jawab untuk mendesain, merancang dan menganalisa suatu program yang akan dibuat maupun sudah jadi. Seorang sistem analisis harus berhati-hati dalam merancang suatu aplikasi agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.
Rabu, 03 Juni 2015
Penyebab Kerusakan Laptop
Terkadang
banyak diantara konsumen mempertanyakan tentang apa penyebab utama
kerusakan pada laptop. Untuk menjelaskan pertanyaan ini, kami membagi
kerusakan pada laptop menjadi dua bagian, yaitu:
Yang di maksud dengan kerusakan ole usia pemakaian adalah kerusakan yang timbul seiring umur / usia pakai dari barang tersebut. Sebenarnya setiap barang elektronik yang kita gunakan memiliki usia pakai. Misalnya harddisk pada laptop, memiliki usia pakai selama 10.0000 jam . Jika pemakian rata-rata per hari selama 12 jam, maka kira-kira hardisk tersebuat akan mulai turun kinerjanya atau mungkin rusak setelah di pakai selama 2tahun 3 bulan.
Pernah kami dihadapkan oleh permasalahan dimana Acer Aspire 2920z memiliki kesamaan kerusakan yaitu tidak respon saat di tekan tombol ON. Laptop tidak mau hidup. Kami sering mendapatkan kerusakan Aspire 2920z ini dengan sindrome tidak mau hidup saat di tekan tombol ON. Memang kami tidak pernah menanyakan secara resmi ke pihak Acer, jadi kami tidak berani mengatakan ini merupakan kegagalan produk dari Aspire 2920z. Kalo untuk produk TOSHIBA, kami juga sering menemukan bahwa Satellite M200 memiliki sindrome kerusakan berupa terganggunya tampilan VGA pada LCD saat menggunakan AC Adaptor.
Terhadap kerusakan yang telah kami sebutkan diatas, ternyata kerusakan yang di sebabkan kesalahan pemakai(user) persentase nya lebih besar. Kebiasaan pemakaian laptop berlama - lama juga menjadi penyebab tidak awetnya sebuah laptop. Jangan samakan kekuatan sebuah laptop dengan Desktop PC yang mampu di operasikan bahkan berhari - hari secara kontinue tanpa di matikan. Pengoperasian laptop sebaiknya cukup 3-4 jam, setelah itu istirahatkan laptop anda sekedarnya( dimatikan untuk 10-20 menit) . Setelah itu dapat di pakai kembali. Gunakan pendingin tambahan (cooling pad) sekiranya suhu ruang tempat pengoperasian laptop terasa panas. Ini untuk mengurangi kerusakan chipset akibat overheat. Jangan gunakan laptop untuk bermain game - game berat ( game yg membutuhkan spesifikasi hardware tinggi dengan detail gambar 3D yg cukup tinggi pula). Perhatikan indikator battery pack laptop anda, apakah sudah full atau tidak. Janagn biasakan membiarkan laptop dalam kondisi terkoneksi dengan AC adaptor padahal battery pack sudah terisi penuh. Jauhkan benda - benda cair dari sekitar laptop, karna seringkali laptop dengan tidak sengaja terkena tumpahan air. Pastikan tidak ada benda apa pun di atas keyboard laptop anda saat hendak menutup panel LCD laptop.
- Kerusakan yang di sebabkan oleh usia pemakaian
- Kerusakan yang di sebabkan oleh kesalahan pemakai (user)
- Kerusakan yang memang kegagalan product ( pabrikasi/ cacat produk )
Yang di maksud dengan kerusakan ole usia pemakaian adalah kerusakan yang timbul seiring umur / usia pakai dari barang tersebut. Sebenarnya setiap barang elektronik yang kita gunakan memiliki usia pakai. Misalnya harddisk pada laptop, memiliki usia pakai selama 10.0000 jam . Jika pemakian rata-rata per hari selama 12 jam, maka kira-kira hardisk tersebuat akan mulai turun kinerjanya atau mungkin rusak setelah di pakai selama 2tahun 3 bulan.
B. Kerusakan Yang Di Sebabkan Oleh Kesalahan Pemakai (User)
Kerusakan ini terjadi di karenakan cara pengoperasian (pemakaian ) yang salah dari si pemilik barang. Contoh: perbedaan tegangan jaringan listrik antara 110v dengan 220v. Terkadang saat kita membeli barang dari luar Indonesia (semisal Jepang), kita tidak memperhatikan lagi berapa tegangan yang di butuhkan untuk mengoperasikan barang tersebut.Saat tegangan yang di butuhkan hanya 110v tapi kita memberikan 220v maka otomatis barang tersebuat akan rusak terbakar. contoh lain: Kebiasaan kita menggunakan laptop di atas kasur tempat tidur atau karpet wol. Hal ini menyebabkan sirkulasi udara sistem pendingin pada laptop terganggu dengan tertutpnya bagian bawah laptop. Akibatnya suhu Mainboard dan komponen elektronik (terutama chipset) menjadi over heat sehingga mengakibatkan kerusakan.C. Kerusakan Yang Merupakan Kegagalan Pabrikas
Kerusakan pabrikasi adalah kerusakan akibat kegagalan QC (Quality Control) menyeleksi atau bahkan merancang product tersebut. Kerusakan pabrikasi di tandai oleh kesamaan ciri - ciri kerusakan ( sindrome kerusakan) terhada satu merk product pada tipe tertentu. Misalkan sebagai contoh: Produsen A memproduksi laptop dengan type 1B. Setelah produk tersebuat di jual, ternyata sebagian besar mengalami kerusakan dengan sindrome ( ciri-ciri kerusakan) yang sama.Pernah kami dihadapkan oleh permasalahan dimana Acer Aspire 2920z memiliki kesamaan kerusakan yaitu tidak respon saat di tekan tombol ON. Laptop tidak mau hidup. Kami sering mendapatkan kerusakan Aspire 2920z ini dengan sindrome tidak mau hidup saat di tekan tombol ON. Memang kami tidak pernah menanyakan secara resmi ke pihak Acer, jadi kami tidak berani mengatakan ini merupakan kegagalan produk dari Aspire 2920z. Kalo untuk produk TOSHIBA, kami juga sering menemukan bahwa Satellite M200 memiliki sindrome kerusakan berupa terganggunya tampilan VGA pada LCD saat menggunakan AC Adaptor.
Terhadap kerusakan yang telah kami sebutkan diatas, ternyata kerusakan yang di sebabkan kesalahan pemakai(user) persentase nya lebih besar. Kebiasaan pemakaian laptop berlama - lama juga menjadi penyebab tidak awetnya sebuah laptop. Jangan samakan kekuatan sebuah laptop dengan Desktop PC yang mampu di operasikan bahkan berhari - hari secara kontinue tanpa di matikan. Pengoperasian laptop sebaiknya cukup 3-4 jam, setelah itu istirahatkan laptop anda sekedarnya( dimatikan untuk 10-20 menit) . Setelah itu dapat di pakai kembali. Gunakan pendingin tambahan (cooling pad) sekiranya suhu ruang tempat pengoperasian laptop terasa panas. Ini untuk mengurangi kerusakan chipset akibat overheat. Jangan gunakan laptop untuk bermain game - game berat ( game yg membutuhkan spesifikasi hardware tinggi dengan detail gambar 3D yg cukup tinggi pula). Perhatikan indikator battery pack laptop anda, apakah sudah full atau tidak. Janagn biasakan membiarkan laptop dalam kondisi terkoneksi dengan AC adaptor padahal battery pack sudah terisi penuh. Jauhkan benda - benda cair dari sekitar laptop, karna seringkali laptop dengan tidak sengaja terkena tumpahan air. Pastikan tidak ada benda apa pun di atas keyboard laptop anda saat hendak menutup panel LCD laptop.
Langkah-Langkah Merawat Laptop
Lakukan hal-hal berikut ini guna merawat laptop kesayangan anda agar tetap awet dan berumur lebih lama.
1. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Laptop untuk Bermain Game Berat
Kebiasaan buruk inilah yang sering dilakukan oleh pemilik laptop yang
sangat suka gaming atau gamer. Menggunakan laptop untuk bermain game
berat dalam waktu yang lama dapat menyebabkan komponen di dalam laptop
mengalami overheat. Selain itu, kebiasaan buruk tersebut salah satu
penyebab baterai laptop anda bocor.
2. Jauhkan Minuman dari Laptop Anda.
Minuman yang tumpah pada laptop dapat menyebabkan kerusakan pada
hardware di dalamnya. Karena air merupakan musuh utama rangkaian
elektronik, alangkah baiknya untuk menjauhkan minuman dari laptop anda.
Saya sarankan untuk memberi keyboard protector agar dapat mencegah
resiko masuknya cairan pada celah-celah keyboard.
3. Jangan Menggunakan Laptop di atas Kasur
Tidak bisa dipungkiri bahwa menggunakan laptop di atas kasur lebih
nyaman. Tetapi perlu diperhatikan, bahwa menggunakan laptop di atas
kasur menyebabkan panas dari laptop tidak keluar dengan sempurna
sehingga laptop pun mengalami overheat.
4. Jangan Menaruh Barang Berat di atas Laptop
Kebiasaan ini sering di anggap sepele oleh pemilik laptop, padahal
kebiasaan buruk ini akan berakibat fatal. Hindari menaruh barang berat
di atas laptop. Hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada layar
laptop sekaligus komponen lainnya.
5. Bersihkan Layar Laptop secara Rutin
Saya sarankan membeli screen protector atau pelindung layar terlebih
dahulu, guna melindungi layar laptop kesayangan anda dari goresan.
Bersihkan pula layar laptop anda dari debu-debu yang menempel secara
rutin.
6. Bersihkan Optical Drive Laptop Anda
Perlu anda ketahui, Optical Drive/ DVD ROM laptop sangat rentan
terhadap debu. Dikarenakan dapat mengganggu proses pembacaan data dari
CD/ DVD. Bersihkan debu-debu yang menempel pada Optical Drive pada
laptop anda secara rutin. Berhati-hatilah ketika memasukkan CD/ DVD pada
Optical Drive karena lensa optik pada Optical Drive sangat rentan.
7. Jauhkan Laptop dari Jangkauan Anak Kecil
Jauhkan laptop kesayangan anda dari jangkauan anak kecil untuk
menghindari hal yang tidak di inginkan. Namanya juga anak kecil, bisa
jadi mereka menganggap laptop kesayangan anda sebagai mainan.
8. Jauhkan Makanan dari Laptop
Lebih berhati-hatilah ketika menaruh makanan atau sedang asyik ngemil di
dekat laptop. Pastikan sisa makanan tidak berjatuhan pada celah-celah
keyboard. Hal tersebut dapat mengganggu kinerja keyboard pada laptop.
9. Jauhkan Laptop dari Sinar Matahari
Hindari kontak langsung antara laptop kesayangan anda dengan sinar
matahari. Dikarenakan beberapa komponen laptop rentan mengalami
kerusakan jika terkena sinar matahari secara langsung.
10. Jangan Sembarangan Mengunduh Software dari Internet
Mengunduh software sembarangan dari internet dapat memperbesar
kemungkinan serangan virus pada laptop. Saya sarankan untuk menginstal
Antivirus pada laptop kesayangan anda dan lebih berhati-hati ketika
mengunduh apapun dari internet.
11. Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama
Laptop berbeda dengan komputer yang dapat bekerja selama 24 jam nonstop
tanpa istirahat. Gunakan laptop seperlunya saja, jika tidak digunakan
sebaiknya anda matikan laptop anda. Menggunakan laptop terlalu lama juga
merupakan faktor yang membuat laptop mengalami overheat.
12. Perhatikan Suhu Laptop Anda
Banyak pemilik laptop yang tidak memperhatikan suhu pada laptop mereka.
Padahal suhu yang tinggi merupakan salah satu penyebab overheat pada
laptop.
Seperti yang di alami teman sekelas saya, dia sering menggunakan
laptopnya untuk bermain game berat tanpa memperhatikan suhu pada
laptopnya. Alhasil, setelah saya cek suhu hardwarenya menggunakan
software HWMonitor. Mengejutkan sekali, suhu laptopnya mencapai 90°C!
Hampir mendekati suhu air mendidih yaitu 100°C. Padahal laptop tersebut
masih berumur kira-kira 1 tahun.
Kesimpulan
Setelah membaca artikel di atas, saya harap anda lebih memperhatikan
lagi laptop anda. Rawatlah dengan baik-baik. Hindari hal-hal yang dapat
membahayakan laptop kesayangan anda.
Langganan:
Postingan (Atom)